Penemu Arduino
SEJARAH ARDUINO
Arduino tidak memiliki satu penemu tunggal, tetapi dikembangkan oleh sekelompok individu yang bekerja bersama di Interaction Design Institute Ivrea (IDII) di Italia pada tahun 2005. Kelompok ini terdiri dari beberapa orang yang berkontribusi dalam pengembangan dan desain awal Arduino, termasuk:
Massimo Banzi: Salah satu pendiri Arduino, Massimo Banzi adalah seorang pengajar dan desainer Italia yang berperan penting dalam pengembangan platform ini. Dia terlibat dalam mengembangkan konsep awal Arduino dan membantu mempopulerkan platform ini di seluruh dunia.
David Cuartielles: Seorang dosen dan peneliti asal Spanyol, David Cuartielles juga merupakan salah satu pendiri Arduino. Dia berkontribusi pada perkembangan perangkat keras dan perangkat lunak Arduino serta terlibat dalam membangun komunitas pengembang.
Tom Igoe: Seorang profesor di New York University, Tom Igoe adalah seorang ahli dalam interaksi manusia dan komputer. Dia adalah salah satu kontributor utama dalam pengembangan Arduino dan memainkan peran penting dalam mengembangkan lingkungan pemrograman.
Gianluca Martino: Gianluca Martino adalah seorang insinyur elektronik asal Italia yang berperan dalam pengembangan perangkat keras Arduino. Ia membantu dalam desain sirkuit dan pengembangan papan Arduino pertama.
David Mellis: David Mellis, seorang mahasiswa doktoral di MIT (Massachusetts Institute of Technology) saat itu, berkontribusi pada pengembangan perangkat keras Arduino dan pengembangan awal lingkungan pemrograman.
Nicholas Zambetti: Nicholas Zambetti juga merupakan salah satu anggota tim awal pengembangan Arduino dan membantu dalam desain perangkat keras dan pemrograman awal.
Pengembangan Arduino adalah hasil dari kerjasama tim ini di IDII, dengan tujuan awal untuk menyediakan platform prototyping yang terjangkau dan mudah digunakan bagi para mahasiswa dan pengembang di bidang elektronika dan pemrograman. Keterlibatan mereka dalam pengembangan open-source dan platform inovatif ini telah membantu menciptakan ekosistem yang luas dan beragam di seluruh dunia.
PENGENALAN Arduino UNO & IMFRA RED
Arduino Uno adalah salah satu papan mikrokontroler yang populer dalam pengembangan proyek elektronik dan komputasi fisik. Papan ini didasarkan pada mikrokontroler ATmega328P yang dikembangkan oleh Atmel (sekarang bagian dari Microchip Technology). Arduino Uno menyediakan antarmuka yang mudah digunakan dan diprogram, membuatnya cocok untuk pemula dan pengembang yang berpengalaman.
Spesifikasi Utama:
Mikrokontroler: ATmega328P.
Tegangan Kerja: 5V.
Tegangan Input (Vin): 7-12V (disarankan).
Pins Digital I/O: 14 (termasuk 6 pins PWM).
Pins Analog Input: 6.
Memori Program (Flash): 32 KB (0.5 KB digunakan oleh bootloader).
RAM: 2 KB.
EEPROM: 1 KB.
Kecepatan Clock: 16 MHz.
Antarmuka Serial: UART, USB (menggunakan konverter serial ke USB).
Antarmuka USB: Micro-B USB.
Tegangan Referensi ADC: 5V.
Ukuran Papan: 68.6 mm x 53.4 mm.
Fitur Lainnya:
Memiliki soket ICSP (In-Circuit Serial Programming) untuk pemrograman langsung mikrokontroler.
LED indikator daya dan aktivitas.
Dukungan untuk modul-mudul tambahan dan sensor melalui header pin.
Kompatibilitas dengan berbagai perangkat lunak dan pustaka pemrograman, termasuk Arduino IDE.
Didukung oleh komunitas yang besar dan sumber daya pembelajaran yang melimpah.
Penggunaan:
Arduino Uno digunakan untuk berbagai proyek elektronik, seperti otomatisasi, kendali perangkat, robotika, sensorisasi, dan banyak lagi. Papan ini sangat cocok untuk pemula yang ingin belajar tentang pemrograman dan elektronik.
Teknologi Inframerah (IR) memiliki peran yang penting dalam dunia robotika, terutama dalam hal deteksi, navigasi, komunikasi, dan kontrol. Berikut adalah beberapa informasi tentang penggunaan teknologi inframerah dalam robotika:
1. Deteksi dan Penghindaran Halangan:
Sensor Inframerah sering digunakan dalam robotika untuk mendeteksi halangan atau rintangan di sekitarnya. Sensor jarak inframerah dapat mengukur jarak antara robot dan objek terdekat. Informasi ini kemudian digunakan untuk menghindari tabrakan atau mengubah jalur robot untuk menghindari rintangan.
2. Navigasi:
Sensor inframerah juga dapat digunakan untuk membantu navigasi robot di sekitar lingkungan. Dengan menggunakan pola pemancaran dan refleksi inframerah, robot dapat mengukur jarak dan orientasi terhadap objek tertentu. Ini dapat membantu robot untuk mengikuti garis, menghindari tembok atau objek lainnya, atau mengikuti rute tertentu.
3. Komunikasi Jarak Dekat:
Sistem komunikasi inframerah sering digunakan dalam robotika untuk berkomunikasi antara robot atau antara robot dan perangkat lainnya. Sinyal inframerah dapat digunakan untuk mengirimkan informasi atau perintah dalam jarak pendek, seperti mengendalikan robot jarak jauh atau mentransfer data antara beberapa robot.
4. Kontrol Jarak Jauh:
Inframerah juga digunakan dalam kontrol jarak jauh, di mana pengendali jarak jauh mengirimkan sinyal inframerah ke robot untuk mengontrol pergerakannya atau fungsi-fungsinya.
5. Sistem Penjejak Garis:
Sensor inframerah juga dapat digunakan dalam sistem penjejak garis, di mana robot mengikuti garis yang telah ditentukan pada permukaan tanpa perlu intervensi manusia.
6. Penglihatan Malam:
Sensor inframerah dapat membantu robot melihat di kondisi pencahayaan rendah atau gelap. Ini penting untuk navigasi dan pengambilan keputusan saat malam hari.
7. Pengukuran Suhu:
Sensor inframerah juga dapat digunakan untuk mengukur suhu suatu objek atau lingkungan, yang dapat digunakan dalam berbagai aplikasi seperti deteksi suhu dalam industri atau pengawasan suhu pada robot berbasis suhu.
8. Robot Interaktif:
Teknologi inframerah juga dapat digunakan dalam robot interaktif yang merespons gerakan atau sentuhan manusia. Contohnya adalah robot permainan atau robot pelayan di restoran yang dapat merespons perintah dengan mendeteksi gerakan tangan atau objek di sekitarnya.
Penggunaan teknologi inframerah dalam robotika memberikan kemampuan deteksi dan navigasi yang penting, terutama dalam lingkungan yang berubah-ubah atau penuh dengan rintangan. Hal ini mendukung pengembangan robot yang lebih pintar, efisien, dan dapat berinteraksi dengan lingkungannya secara lebih baik
Silahkan Kerjakan, password 085333282930
SEMESTER 2 2024