Arduino adalah platform perangkat keras dan perangkat lunak yang dikembangkan untuk keperluan prototyping dan proyek elektronik. Sejarah Arduino dimulai pada awal 2000-an di Italia. Berikut adalah sejarah singkatnya:
Asal Mula:
Pada tahun 2003, sekelompok mahasiswa dari Interaction Design Institute Ivrea (IDII) di Italia, termasuk Massimo Banzi, David Cuartielles, Tom Igoe, Gianluca Martino, dan David Mellis, mulai mengembangkan platform open-source untuk memudahkan siswa dalam mengembangkan proyek elektronik. Mereka ingin membuat alat yang sederhana, terjangkau, dan ramah pengguna untuk mendukung pembelajaran di bidang ilmu komputer dan desain interaktif.
Pertama Kali Diperkenalkan:
Pada tahun 2005, Arduino Uno, papan mikrokontroler pertama dari keluarga Arduino, diperkenalkan di pasar. Papan ini sangat terbuka dan mendukung pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak oleh komunitas.
Open Source:
Arduino sepenuhnya open source, yang berarti skematik dan desainnya tersedia untuk umum. Hal ini mendorong adopsi yang luas dan kolaborasi dalam pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbasis pada platform Arduino.
Pertumbuhan Komunitas:
Arduino segera mendapatkan popularitas di kalangan penggemar dan pengembang elektronika. Komunitas Arduino tumbuh pesat, menciptakan berbagai proyek dan tutorial, serta berbagi informasi melalui forum dan situs web.
Berbagai Model dan Turunan:
Seiring berjalannya waktu, berbagai model dan turunan Arduino diperkenalkan, seperti Arduino Mega, Arduino Nano, dan Arduino Leonardo. Setiap model memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda, memungkinkan pengembang untuk memilih papan yang sesuai dengan kebutuhan proyek mereka.
Penggunaan yang Luas:
Arduino telah menjadi platform yang sangat populer di berbagai bidang, termasuk prototyping perangkat keras, Internet of Things (IoT), seni interaktif, robotika, dan pendidikan.
Sejak pertama kali diperkenalkan, Arduino telah menjadi salah satu alat utama dalam dunia pengembangan perangkat keras open source, memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk terlibat dalam proyek-proyek kreatif dan inovatif.